Menu

Mode Gelap
 

Politik & Pemerintahan · 24 Okt 2022 06:45 WIB ·

Tinjau Teknologi Arsinum di Pulau Persatuan Sinjai, Andi Sudirman : Masyarakat Bisa Nikmati Fresh Water


 Tinjau Teknologi Arsinum di Pulau Persatuan Sinjai, Andi Sudirman : Masyarakat Bisa Nikmati Fresh Water Perbesar

HarianMakassar.com, Sinjai – Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman mengunjungi Desa Pulau Persatuan, Pulau Kanalo 2, Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai, Minggu 23 Oktober 2022.

Di sana, Gubernur termuda se Indonesia itu, meninjau fasilitas teknologi pengolahan air siap minum (arsinum).

Teknologi pengolahan arsinum ini menjadi salah satu program prioritas Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman melalui Dinas Perumahan, Permukiman, dan Pertanahan (Perkimtan) Sulsel.

“Alhamdulillah, pagi ini kami berkunjung dan berbincang bersama masyarakat Desa Pulau Persatuan di Pulau Kanalo 2,” ujarnya.

Desa ini, menjadi salah satu lokasi program fasilitas teknologi pengolahan arsinum. Tahun 2022 ini, ada 10 titik penyediaan teknologi pengolahan arsinum.

“Alhamdulillah, teknologi arsinum sudah dinikmati manfaatnya oleh masyarakat di Desa ini. Jadi dengan teknologi arsinum, masyarakat bisa langsung minum, tidak lagi beli air ke kota,” ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Gubernur Andalan ini pun meminum air dari teknologi arsinum ini. “Bersumber dari air laut, dengan teknologi pengolahan arsinum ini bisa memproduksi air siap minum sekitar 5000 liter/hari. Dan memenuhi kebutuhan air minum masyarakat sini. Airnya jernih dan tidak ada rasa apa-apa,” pungkasnya.

“Semoga dengan adanya arsinum ini memberikan manfaat untuk  masyarakat kita di kepulauan, sehingga dapat menikmati air minum layak dan aman, masyarakat bisa minum fresh water,” pungkasnya.

Diketahui, teknologi pengolahan arsinum ini telah diresmikan Gubernur Andi Sudirman pada Paripurna 353 Tahun Provinsi Sulsel, 19 Oktober 2022.

Ada 10 titik di 8 Kabupaten, yakni Pulau Kanalo 2 di Kabupaten Sinjai; Pulau Liukang Loe, di Kabupaten Bulukumba; Pulau Libukang, di Kabupaten Jeneponto; Pesisir Desa Mattirotasi di Kabupaten Pinrang; Pulau Salebbo Mattirowalie, dan Pulau Podang-Podang, di Kabupaten Pangkep; Desa Bonto Borusu, dan Desa Menara Indah, di Kabupaten Selayar; Pulau Pannikiang, di Kabupaten Barru; dan Desa Patongloan, di Kabupaten Enrekang. (*)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kesra Kota Makassar Gelar Pelatihan Manajemen untuk 1.500 Pengurus Masjid

19 Juli 2024 - 10:10 WIB

BPBD Kota Makassar Dorong Livable dan Resilient City Melalui Peningkatan Kapasitas

19 Juli 2024 - 10:08 WIB

Dishub Makassar Adopsi Konsep Smart City untuk Atasi Kemacetan Lalu Lintas

18 Juli 2024 - 09:49 WIB

Wali Kota Danny Pomanto Persiapkan Perwali untuk Melanjutkan Program RISE

18 Juli 2024 - 09:48 WIB

Plt Direktur RSK Dadi dr Mappatoba Meninggal Dunia, Danny Pomanto Ucap Bela Sungkawa

17 Juli 2024 - 11:32 WIB

Ketua TP PKK Kota Makassar Beri Semangat Kafilah Festival Anak Sholeh

17 Juli 2024 - 11:30 WIB

Trending di Politik & Pemerintahan