Menu

Mode Gelap
 

Organisasi & Kepemudaan · 1 Agu 2023 09:20 WIB ·

TERINSPIRASI KEMERDEKAAN, BEGINI SEJARAH IKATAN PEMUDA LAIKANG (IPL) HADIR UNTUK PERUBAHAN DI INDONESIA


 TERINSPIRASI KEMERDEKAAN, BEGINI SEJARAH IKATAN PEMUDA LAIKANG (IPL) HADIR UNTUK PERUBAHAN DI INDONESIA Perbesar

Pangkep, harianmakassar.com – Dengan penuh semangat kemerdekaan yang telah berlansung selama puluhan Tahun sejak tahun 1945. Para pemuda laikang dikecamatan Marang kabupaten Pangkep terinspirasi untuk membentuk sebuah organisasi bernama Ikatan Pemuda Laikang (IPL).

IPL sendiri di dirikan pada tanggal 17 agustus 2018 atau tepat lima tahun lalu dan digagas lansung oleh seorang tokoh pemuda bernama Muhammad Taslim, S.H.

Setelah lima tahun berdiri organisasi ini telah melakukan banyak gebrakan untuk berkontribusi terhadap masyarakat secara lansung lewat berbagai macam kegiatan sosial.

Organisasi yang berpusat di kelurahan Talaka Pangkep ini menjadi wadah dari berbagai kalangan dan profesi seperti remaja, Guru, Dosen, serta TNI yang notabene adalah putra putri dari kampung Laikang.

Taslim sebagai penggagas IPL ini mengatakan bahwa kehadiran organisasi seperti ini merupakan sebuah wadah dalam satu lingkungan kampung laikang untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama karna telah lama memudar disebabkan perantauan meninggalkan kampung halaman demi kebutuhan ekonomi untuk keluarga.

Gagasan inilah yang dapat memunculkan suatu sentral komunikasi di era digital sehingga Ikatan Pemuda Laikang dapat berdaya guna serta menjadi wadah tersendiri untuk memudahkan informasi perkembangan dalam lingkungan IPL baik yang merantau maupun yang menetap dilingkungan halaman. Ungkap Taslim.

IPL sendiri hadir dengan cita cita untuk memajukan kampung halaman dengan tujuan agar supaya mampu mempertahankan dan menyempurnakan serta mempertinggi solidaritas antar sesama warga Laikang.

Jiwa pengabdian, tekan perjuangan dan semangat persatuan yang dimiliki secara historis terus di pupuk dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dalam hal dinamika politik yang sangat panjang dan dinamis, IPL sebagai organisasi pemuda Laikang tetap setia dalam pengabdiannya sebagai organisasi dari berbagai macam profesi dan menjadi organisasi independen serta tidak terlibat politik praktis.

Oleh karna itu IPL yang bulan ini tepat nanti 17 agustus bertepatan dengan Hari kemerdekaan Negara Repulik Indonesia tercinta akan berumur genap 5 tahun.

Para penggagas memngarapkan dan memiliki cita cita agar para generasi mendatang bisa lebih mencintai tanah kelahirannya serta tanah air indonesia.

Artikel ini telah dibaca 44 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

DPD II KNPI, Gandeng Badan Pendampingan Hukum Pemuda Pancasila Maros Adakan Penyuluhan Hukum Gratis Ke Pelajar

11 Juni 2024 - 12:10 WIB

Putusan Perlawanan dibatalkan Pengadilan Tinggi, Pasar Butung Segera dieksekusi

21 Mei 2024 - 18:21 WIB

Gebyar Ramadhan Fest 2024 di Gelar Empat Hari, Ribuan Masyarakat Maros Padati Komoro Coffe

1 April 2024 - 05:06 WIB

Pemuda Pancasila & Komando Inti Mahatidana MPC Gowa Berbagi Takjil Ke Pengguna Jalan

30 Maret 2024 - 10:29 WIB

Gelar Buka Puasa di Harper, Saoraja Institute Indonesia Apresiasi Kekompakan PHRI

22 Maret 2024 - 19:45 WIB

109 Calon Paskibraka Kabupaten Maros Mengikuti Tes Akhir

9 Maret 2024 - 20:24 WIB

Trending di Organisasi & Kepemudaan