Menu

Mode Gelap
 

Politik & Pemerintahan · 22 Mar 2024 08:12 WIB ·

SuperSUN, Inovasi Listrik PLN akan Hadir di Wilayah Kepulauan Pangkep


 SuperSUN, Inovasi Listrik PLN akan Hadir di Wilayah Kepulauan Pangkep Perbesar

Pangkep, HarianMakassar.com – Peningkatan pelayanan dan instalasi listrik di wilayah kepulauan, Pemerintah Kabupaten Pangkep melakukan audiensi bersama PT. PLN Persero UP3 Makassar Utara, di aula Rujab Bupati Pangkep, Rabu (20/3/2024).

Audiensi dihadiri Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau (MYL), OPD terkait, camat dan kepala desa wilayah kepulauan Pangkep, Manager PLN UP3 Makassar utara beserta jajarannya.

Audiensi dibahas terkait program Surya Untuk Negeri (SuperSUN) PT PLN Persero untuk wilayah Kepulauan Pangkep. SuperSUN merupakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang telah dimodifikasi dan dapat ditempatkan di rumah.

Bupati MYL mengatakan, SuperSUN ini merupakan program dari PLN. Tahap awal ini SuperSUN akan ada dan akan fokus ke fasilitas umum dan fasilitas kesehatan.

“Ditahap awal superSUN akan diutamakan pada fasilitas umum seperti di kantor camat, lurah, desa dan juga pada fasilitas kesehatan selanjutnya masuk ke sekolah,” katanya.

Ia menambahkan dengan adanya program ini bisa memperlihatkan kepada masyarakat bahwa ada suatu program dari PLN kepada masyarakat kepulauan.

“Jadi nanti masyarakat dapat melihat program ini yg ada di fasilitas-fasilitas umum, disampaikan saja kepada masyarakat kalau berkenan silahkan dikonfirmasi kepada pemerintah setempat desa/keluruhan agar dapat diusulkan ke PLN untuk mendapatkan program ini,” tambahnya.

Manager PLN UP3 Makassar Utara, Alexander J Manuhua menyampaikan, SuperSUN program pemerintah melalui PLN hadirkan listrik wilayah pulau yang belum menikmati listrik.

SuperSUN suatu perangkat listrik yang bervariasi sesuai kapasitas daya, 450, 900 hingga 1.300.

“SuperSUN suatu program peningkatan rasio elektrifikasi dan peningkatan rasio desa berlistrik merupakan bagian program pemerintah dan PLN agar masyarakat bisa menikmati listrik,” katanya.

Tahap awal, sebanyak 20 akan siap dikirim. Terkait pemasangan, PLN melakukan koordinasi dengan Pemkab Pangkep.

Setelah audiensi dan berdikusi dilakukan penandatangan kesepakatan bersama pajak barang dan jas tertentu (PBJT) atas tenaga listrik antara Pemda Pangkep dengan PT. PLN Persero UP3 Makassar Utara, Yang dilakukan oleh Bupati Pangkep MYL dengan Manager PLN UP3 Makassar Utara Alexander J Manuhua. (*)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Plt Direktur RSK Dadi dr Mappatoba Meninggal Dunia, Danny Pomanto Ucap Bela Sungkawa

17 Juli 2024 - 11:32 WIB

Ketua TP PKK Kota Makassar Beri Semangat Kafilah Festival Anak Sholeh

17 Juli 2024 - 11:30 WIB

Wali Kota Makassar Danny Pomanto Jamu Makan Malam Pejabat Utama BSI

16 Juli 2024 - 13:13 WIB

Dispar Makassar Perkuat ‘City Branding’ serta Tingkatkan MICE Nasional dan Internasional

16 Juli 2024 - 13:12 WIB

Danny Pomanto Pimpin Rapat Sukseskan Festival F8, Siap Digelar 24 Juli

12 Juli 2024 - 09:47 WIB

Indira Bareng Putri Wapres Ma’ruf Amin Bahas Inovasi Penangan Stunting di Kota Makassar

12 Juli 2024 - 09:46 WIB

Trending di Politik & Pemerintahan