Menu

Mode Gelap
 

Olah Raga · 15 Agu 2022 06:40 WIB ·

Sebanyak 1200 Rider Ambil Bagian Pada Event One Day Trail Adventure Jelajah Wisata Massenrempulu


 Sebanyak 1200 Rider Ambil Bagian Pada Event One Day Trail Adventure Jelajah Wisata Massenrempulu Perbesar

HarianMakassar.com, Enrekang –  One Day Trail Adventure Jelajah Wisata Massenrempulu berjalan sukses. Sebanyak 1200 rider ambil bagian pada event yang digelar Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Enrekang.

StarT dimulai pada pukul 09.00 Wita di Anjungan Sungai Mata Allo Kemudian melintasi jembatan emas menuju Randangan Kelurahan Puserren. Selanjutnya menyusuri destinasi wisata alam yang ada di Mata Dewa, menyusuri hamparan perbukitan, tebing dan aliran sungai Mata Allo dan sungai Saddang yang ada di Desa Tungka. Para rider kemudian menaklukan jalur yang cukup ekstrem di wilayah Desa Penja, Desa Cemba, Desa Pinang dan selanjutnya finish kembali di anjungan Sungai Mata Allo kota Enrekang.

Para rider harus menghabiskan 7 hingga 8 jam untuk menaklukan jalur. MerEka terpaksa jatuh bangun. Tidak sedikit para rider harus dievakuasi. Bahkan, ada 3 rider yang terpaksa di evakuasi hingga malam hari, karena tidak mampu melewati jalur merah yang ada di Desa Pinang Kecamatan Cendana.

Meski demikian, semua rider sangat puas. Mereka sangat senang dengan medan yang menantang. Belum lagi pesona alam sepanjang jalan, menambah semangat untuk terus memacu kendaraan.

“Kalau besok ada lagi trail adventure di Enrekang, pasti saya akan ikut. Para rider sangat senang dengan medan yang ada di Enrekang. Terima kasih kepada panitia yang telah membuat kegiatan ini,” kata salah seorang rider asal Palopo, Sabtu (13/8/22).

Kegiatan one day trail adventure jelajah wisata Massenrempulu dilepas ketua Indonesia Off-road Federation (IOF) Pencab Enrekang, yang juga Anggota DPR RI, Mitra Fachruddin MB. Hadir pula para pejabat teras pemkab Enrekang, antara lain Wakil Bupati, Ketua DPRD, Kapolres Enrekang, Kodim 1419, Kajari Enrekang, Ketua Pengadilan, Pinca Bank Sulselbar Enrekang bahkan hadir pula tokoh Massenrempulu, Ilham Arif Sirajuddin.

1200 peserta kegiatan One Day Trail Adventure Jelajah Wisata Massenrempulu terbilang berjalan sukses. Indikasinya tentu dari jumlah peserta yang mengikuti kegiatan tersebut. Sebanyak 1200 rider ikut ambil bagian.

Peserta tersebut tidak saja datang dari kabupaten/kota yang ada di Sulsel, beberapa diantaranya berasal dari Polman, Mamuju, Pasang Kayu (Provinsi Sulawesi Barat), Palu dan Morowali (Provinsi Sulawesi Tengah). Bahkan, ada peserta terjauh dari Sangata dan Berau (Provinsi Kalimantan Timur).

“Kegiatan ini baru yang pertama diselenggarakan oleh pemkab Enrekang, dan animo peserta sangat luar biasa. Banyak dari luar Sulsel. Bahkan, ada juga peserta dari pulau Kalimantan. Hingga hari pelaksanaanpun masih banyak peserta yang registrasi pendaftaran,” kata Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Dispopar, Maryadi.

Selain mengesplor wisata alam Massenrempulu, One Day Trail Adventure Jelajah Massenrempulu juga memberikan dampak bagi para pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Enrekang. Secara tidak langsung, kegiatan tersebut membantu meningkatkan perekonomian masyarakat dengan banyaknya rider yang datang dari berbagai daerah diluar Enrekang.

Pemilik hotel dan penginapan warung makan dan minuman, pedagang kaki lima, penjual bensin botolan, bengkel serta banyaknya lapak-lapak disekitar kegiatan tentu merasakan dampak dari kegiatan itu.

“Kita harapkan kegiatan ini dapat meningkatkan perekonomian bagi para UMKM dan pelaku ekonomi kreatif. Begitupun dengan peningkatan kerjasama dengan lembaga terkait melalui event-event yang diselenggarakan Dispopar Enrekang,” ungkap Kadispopar, Achmad Faisal.

Panitia pelaksana menyiapkan door prize hadiah dengan total sebesar 250 juta. Terdiri dari hadiah utama satu unit mobil Toyota Ayla, satu unit motor Kawasaki KLX, 4 unit motor Honda Revo Fit, 5 unit sepeda lipat dan puluhan hadiah hiburan lainnya.

Pengundian door prize dilaksanakan di alun-alun lapangan Abubakar Lambogo Batili Enrekang, Sabtu (13/8) malam, dan dihadiri Bupati Enrekang, Muslimin Bando.

“Terima kasih kepada seluruh peserta yang sudah datang ke Enrekang, menjelajahi pesona alam Massenrempulu,” ujar Muslimin Bando.

Adapun yang beruntung mendapatkan hadiah utama mobil Toyota Ayla, adalah Muh. Aidil Fitria, rider dari tim Kodok Terbang Sudu Enrekang.

One Day Trail Adventure Jelajah Wisata Massenrempulu terlaksana berkat kerjasama Bank Sulselbar, Class Project, Ratu Tani dan bantuan dari Mitra Fachruddin MB selalu Ketua IOF Pencab Enrekang, serta komunitas trail Kabupaten Enrekang.

Artikel ini telah dibaca 64 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

PT ISMA FC Berhasil Menjadi Juara pada Turnamen Bupati Lamsel Cup 2023

18 Desember 2023 - 12:16 WIB

Rektor UNITAMA Hadiri Fun Mini Soccer IKA AKBA

21 November 2023 - 11:00 WIB

PT ISMA Ikut berpartisipasi memeriahkan Perayaan HUT RI ke 78 di lingkungan Pelindo Group

22 Agustus 2023 - 12:17 WIB

Taipa Tim Pertama Amankan Tiket ke 16 Besar

1 Agustus 2023 - 21:25 WIB

Taipa Tumbangkan Poskorona, Marindo Unggul Tipis Atas Garta

24 Juli 2023 - 18:24 WIB

Marindo FC VS Garta FC, dan Taipa FC VS Poskorona FC Akan Sajikan Laga Menarik Sore Ini

24 Juli 2023 - 12:44 WIB

Trending di Olah Raga