Menu

Mode Gelap
 

Nasional · 1 Des 2023 14:08 WIB ·

PT ISMA dalam 5 Tahun – Selamat Ulang Tahun Ke-5 PT ISMA


 PT ISMA dalam 5 Tahun – Selamat Ulang Tahun Ke-5 PT ISMA Perbesar

HarianMakassar.com – PT Intan Sejahtera Utama (ISMA) yang merupakan salah satu entitas dalam PT Pelabuhan Indonesia (Persero) PELINDO Grup telah memasuki usia 5 Tahun tepat pada tanggal 29 Nopember 2023. Jika diibaratkan manusia, di usia 5 tahun adalah usia dalam periode emas, yang sangat menentukan bagi perusahaan untuk memasuki periode kedepannya. Usia dimana semangat juang dan periode pembelajaran sedang aktif dan gencarnya.

PT Intan Sejahtera Utama adalah perusahaan yang didirikan berdasarkan Akta Pendirian Nomor 09 pada tanggal 29 November 2018 dan telah mendapatkan pengesahan dari Kementerian Hukum & HAM pada tanggal 30 November 2018 dengan Nomor AHU-0057261.AH.01.01 Tahun 2018 serta Nomor Induk Berusaha 8120213230436. Bergerak dalam bidang Jasa Penyediaan Tenaga Alih Daya (TAD) dimana Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif (AKHLAK) menjadi Dasar Budaya Perusahaan.

Perjalanan 5 tahun PT ISMA dimulai pada tahun 2018 dimana pada saat itu PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) mendirikan anak perusahaan untuk mengelola tenaga kerja alih daya di wilayah kerja PT Pelindo IV (Persero), kita ketahui bahwa wilayah PT Pelindo IV (Persero) saat itu terdiri dari kurang lebih 24 Cabang yang tersebar di 11 Propinsi, yaitu Seluruh Provinsi di Sulawesi, Maluku, Papua dan Wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Selanjutnya tranformasi bisnis dilakukan oleh Kementerian BUMN dimana terjadi merger PT Pelabuhan Indonesia I, II, III dan IV (Persero) pada tanggal 1 Oktober 2021 menjadi PT Pelabuhan Indonesia (Persero), sehingga PT ISMA tidak lagi berada dibawah PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) namun berada dibawah Subholding Pelindo Solusi Logistik (SPSL dalam PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Grup. Transformasi Bisnis ini dilakukan dalam upaya melaksanakan aksi strategis yang telah ditetapkan dalam Kementerian BUMN dengan tujuan penciptaan value creation dan efisiensi di lingkungan Badan Usaha Milik Negara.

Dari tujuan penciptaan value creation dan efisiensi tersebut berdampak pada perkembangan kegiatan operasional PT ISMA dimana pada awal berdirinya ISMA di tahun 2018 hanya melayani jasa pengelolaan TAD sebanyak 328 TAD bekerjasama dengan KOPKAR PT Pelindo IV (Persero) hingga diakhir tahun 2023 secara independen telah melayani sekitar 4.817 TAD di seluruh wilayah PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang meliputi seluruh provinsi di Indonesia.

Atas bisnis yang dilaksanakan oleh PT ISMA juga mengalami perkembangan dimana diawal berdirinya ISMA hanya mengelola TAD dibidang administrasi dan cleaning service, dalam perkembangannya ISMA hingga akhir tahun 2023 telah mengelola TAD atas Jasa Paket Pekerjaan (sesuai penetapan Head Office PT Pelindo), Jasa Security / Pengamanan, Jasa Cleaning Service serta pada tmt Juli 2023 juga telah melayani ABK/Crewing serta Pandu Kontrak pada PT Jasa Armada Indonesia, Tbk, PT Pelindo Marine Service (PMS) (Anak Perusahaan Subholding PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM) serta Pandu Kontrak pada SPJM.

Atas pengelolaan Anak Buah Kapal ( ABK) / Crewing serta Pandu tersebut berdasarkan atas Surat Ijin Usaha Perekrutan dan Penempatan Awak Kapal (SIUPPAK) Nomor 232.35 Tahun 2022 sehingga PT ISMA dapat mengelola Tenaga ABK/Crewing dan Pandu sebanyak 765 orang yang tersebar di wilayah PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 dan Regional 4.

Perubahan untuk mendukung pencapaian 2 tahun pasca merger PT Pelindo (Persero) secara terus menerus dan aktif dilakukan dalam mendukung pencapaian aksi korporasi sehingga pada tanggal 29 September 2023 dilakukan transfer bisnis yang ditandai dengan penandatangan Perjanjian Pembaruan Pihak (Novasi) antara PT Pelabuhan Indonesia (Persero) dengan PT Intan Sejahtera Utama dan PT Pelindo Daya Sejahtera tentang Pekerjaan Penyediaan Tenaga Pengamanan (Security) di Wilayah PT Pelabuhan Indonesia (Persero) tahun 2023, hal ini dilakukan dikarenakan jangka waktu perjanjian antara PT ISMA akan berakhir di pertengahan tahun 2024

Pelaksanaan transfer bisnis ini akan dilakukan penuh terhitung mulai tanggal 1 Januari 2024 untuk seluruh tenaga alih daya PT ISMA yaitu pada tenaga paket pekerjaan, cleaning service, kecuali TAD ABK/Pandu, dengan tujuan focusing PT ISMA dalam mengelola TAD khususnya dalam bidang ABK / Crewing serta Pandu di seluruh Wilayah PT Pelabuhan Indonesia (Persero).

Dari perkembangan serta perubahan bisnis yang telah dilalui serta yang akan dilakukan kedepan PT ISMA diharapkan dapat terus berinovasi serta aktif dalam meraih peluang-peluang bisnis yang baru sehingga dapat terus melakukan peningkatan value perusahaan di masa yang akan datang.

Selamat Ulang Tahun PT ISMA yang ke-5. Jayalah Selalu dan Semangat Menyongsong Perubahan/Transformasi ke Depan (*)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

PT ISMA Sukses Melaksanakan RUPS RKAP Tahun 2024 di Jakarta

31 Januari 2024 - 09:34 WIB

PT ISMA Rencanakan Kolaborasi dalam mengintegrasikan Sistem Crewing

25 Januari 2024 - 10:16 WIB

Peduli Donor Darah PT ISMA – Berbagi Darah Sumbang Kehidupan

15 Desember 2023 - 14:00 WIB

Praktikno Konfirmasi Dokumen Yang Beredar Adalah “Hoax”

23 November 2023 - 09:02 WIB

Kegiatan ISMA ON AIR mendukung pelaksanaan Transformasi Bisnis Pelindo Grup

22 November 2023 - 09:31 WIB

Pencapaian Performance PT ISMA sd Triwulan III Tahun 2023

23 Oktober 2023 - 15:54 WIB

Trending di Nasional