Menu

Mode Gelap
 

Ekonomi & Bisnis · 29 Nov 2023 16:02 WIB ·

Perkuat Program TJSL, Subholding Pelindo Ukur Dampak Program Melalui Metode SROI


 Perkuat Program TJSL, Subholding Pelindo Ukur Dampak Program Melalui Metode SROI Perbesar

Jakarta, harianmakassar.com – Dalam rangka meningkatkan kualitas serta evaluasi terhadap pelaksanaan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), PT Pelindo Solusi Logistik (“SPSL”) melakukan perhitungan dampak program TJSL dengan metode Social Return on Investment (SROI). Rabu (29/11/2023).

Joko Noerhudha selaku Direktur Utama SPSL mengatakan bahwa pengukuran ini dilakukan agar program TJSL yang telah dilaksanakan selama ini dapat tepat sasaran dan memiliki dampak yang baik bagi perusahaan maupun masyarakat.

“Perhitungan SROI ini lakukan sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas kepada pemangku kepentingan untuk mengontrol penggunaan sumber daya agar lebih efektif, efisien, dan berkelanjutan,” tutur Joko.

Sejalan dengan arahan Bapak Menteri BUMN, Erick Thohir, bahwa harus dilakukan transformasi dalam program TJSL, dan untuk transformasi utamanya adalah memastikan dampak yang dilakukan oleh perseroan dapat dirasakan oleh masyarakat.

Agar hasil perhitungan dapat lebih kredibel, maka SPSL bekerjasama dengan PT Dampak Sosial Indonesia atau Social Impact.id dalam melakukan perhitungan SROI pada program TJSL Beasiswa Sang Juara. Adapun rasio hasil perhitungan SROI untuk program TJSL Beasiswa Juara pada tahun 2019-2022 adalah 1 : 3,95.

Rio Zakarias W selaku Direktur PT Dampak Sosial Indonesia menyampaikan dari hasil perhitungan SROI yang kami lakukan, menunjukkan dari dana TJSL yang disalurkan untuk program Beasiswa Sang Juara pada tahun 2019 sampai dengan 2022, nilai SROI nya adalah 3,95. Ini berarti setiap 1 Rupiah yang diinvestasikan perusahaan memberikan social value sebesar 3,95 Rupiah atau memberikan nilai manfaat program yang lebih tinggi dari nilai investasi.

Program TJSL Beasiswa Sang Juara yang telah diselenggarakan ini sejalan dengan tujuan pembangunan keberlanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) khususnya pada tujuan SDGs ke-4 yaitu Pendidikan Berkualitas (Quality Education).

Melalui Program TJSL ini pula, diharapkan SPSL dapat memberikan kesempatan belajar yang seluas-luasnya bagi masyarakat yang mempunyai kendala ekonomi untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, sehingga dapat menyelesaikan pendidikan dan melanjutkan pendidikan kembali ke jenjang yang lebih tinggi.

SPSL akan terus menjalankan program TJSL dengan menerapkan prinsip terintegrasi, terarah, terukur, dan akuntabilitas serta dilaksanakan dengan berfokus pada empat pilar yaitu sosial, ekonomi, lingkungan, dan hukum serta tata kelola.

“SPSL sebagai bagian dari Pelindo Group, akan terus melakukan terobosan dengan tidak hanya fokus pada bidang pendidikan, namun program-program TJSL lain yang bersifat berkesinambungan,” tutup Joko.

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

UMKM go Digital, JNE Gelar Talkshow Bersama UMKM Kota Makassar

20 Juli 2024 - 08:09 WIB

Subholding Pelindo Solusi Logistik Dukung Efisiensi Distribusi Logistik Nasional

11 Juli 2024 - 17:06 WIB

Bosan Dengar Tentang TAPERA, Kini TAPERA Tandingan Hadir Sebagai Solusi

11 Juli 2024 - 13:54 WIB

Butuh Jasa Foto Pernikahan di Kota Makassar, Yuk Merapat Sini

11 Juli 2024 - 13:38 WIB

Kolaborasi Pelindo Solusi Logistik dan ITB Laksanakan Program Beasiswa Pelindo Juara

26 Juni 2024 - 18:49 WIB

Hadapi Tantangan Teknologi & Industri Logistik, SPSL Pacu Inovasi Pekerja Lewat SPRINT 2024

20 Juni 2024 - 13:04 WIB

Trending di Ekonomi & Bisnis