Menu

Mode Gelap
 

Peristiwa · 3 Nov 2023 16:01 WIB ·

Pedagang Grosir Pasar Butung Demo Kantor Pengadilan Makassar


 Pedagang Grosir Pasar Butung Demo Kantor Pengadilan Makassar Perbesar

Makassar, harianmakassar.com Sejumlah elemen Mahasiswa dan jaringan aktivis bersama Pedagang Pasar Butung yang tergabung dalam Asosiasi Pedagang Pasar Grosir Butung (APPGB) Makassar, menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Pengadilan Negeri Makassar, Kamis (2/11).

Aksi demonstrasi tersebut terkait dugaan penundaan eksekusi yang dilakukan pihak Pengadilan Negeri Makassar yang terkesan mengabaikan putusan Mahkamah Agung yang telah memenangkan pihaknya dalam perkara Peninjauan Kembali (PK) dengan Nomor Perkara 1276//PK/PDT/2022.

Ketua I APPGB Makassar, M Asriadi Doloking, menjelaskan aksi ini untuk mengingatkan Pengadilan Negeri Makassar khususnya Ketua Pengadilan Negeri terkait dengan putusan Mahkamah Agung yang telah memenangkan Iwan Cs selaku pengelola lama Pasar Butung atas perkara PK kepengelolaan Pasar Butung.

“Kami dari Asosiasi Pedagang Pasar Grosir Butung datang kesini sebenarnya mau mengingatkan kepada Ketua Pengadilan Negeri Makassar bahwa perkara ini sudah selesai tinggal menunggu eksekusi atau surat keputusan ekseskusi,” ucapnya.

“Saya kira semua persoalan akan mudah selesai. Tapi karena ada muncul lagi perkara 107 yang dimenangkan oleh pihak Ketua Pengadilan Negeri Makassar makanya jadi kacau semua lagi. Jadi kami sebagai pedagang merasa sangat dikhianati oleh pihak pengadilan. Padahal dengan mengedepankan hasil PK itu, persoalan pasar butung sudah selesai tidak perlu ada ribut-ribut lagi,” tegasnya.

Asriadi menilai, pihak Pengadilan Negeri Makassar yang telah mengabulkan gugatan Rusli Doloking Cs akan semakin memperkeruh kondisi di Pasar Butung yang akhirnya berdampak kepada para pedagang.

Usai berdemonstrasi, aspirasi demonstran diterima Humas Pengadilan Negeri Makassar Karaeng Sibali. Dalam pertemuan tersebut, Daeng Sibali mengaku akan menyerahkan langsung catatan aspirasi ini kepada Ketua Pengadilan Negeri Makassar.

Selain di Pengadilan Negeri Makassar, para demonstran juga melakukan aksi demonstrasi dengan tuntutan yang sama di Pengadilan Tinggi Sulawesi Selatan.

Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

MPW Pemuda Pancasila Sulsel Cepat Tanggap, Open Donasi untuk Korban Banjir dan Longsor

8 Mei 2024 - 20:19 WIB

Nakes Sulsel Rela Jalan Kaki untuk Layani Korban Banjir dan Longsor di Titik Terisolir Latimojong

7 Mei 2024 - 13:46 WIB

BNPB Tambah Bantuan Dua Helikopter dan Satu Pesawat Karavan untuk Salurkan Logistik dan Evakuasi Korban Bencana di Sulsel

7 Mei 2024 - 13:40 WIB

Pemkab Toraja Utara Turunkan Alat Berat Membersihkan Material Longsor

27 Februari 2024 - 16:02 WIB

Kepala Desa Baji Mangngai Didemo Warganya

9 Januari 2024 - 18:28 WIB

BREAKING NEWS: Terjadi Pembunuhan di Maros, Ayah dan Anak Tewas Dalam Ruko

6 Desember 2023 - 12:52 WIB

Trending di Peristiwa