Menu

Mode Gelap
 

Politik & Pemerintahan · 31 Agu 2022 07:00 WIB ·

Menuju Digitalisasi Pasar, Perumda Pasar Makassar Ubah Sistem Penagihan Berbasis Digital


 Menuju Digitalisasi Pasar, Perumda Pasar Makassar Ubah Sistem Penagihan Berbasis Digital Perbesar

HarianMakassar.com, Makassar Perumda Pasar Makassar akan melakukan pemutahiran sistem penagihan berbasis Digital dimulai dari Pasar Panakkukang. Hal itu diwacanakan jajaran Direksi Perumda Pasar ketika melakukan kontrol data pedagang dan potensi pedagang di Pasar Panakkukang, Selasa (30/08) siang.

Dalam peninjauan tersebut, hadir Direktur Utama Perumda Pasar Makassar, Ichsan Abduh Hussein, Direktur Keuangan, Syamsul Bahri, Direktur Umum, Muhajir dan Direktur Teknik Operasional, Syamsul Tanca. Didampingi Kabag Umum, Kasubag, Kepala Pasar Panakkukang Fridayanti, Kaur dan sejumlah staf penagihan.

Dalam kunjungan itu, Direktur Teknik Operasional Perumda Pasar Makassar mengatakan akan dilakukan pembenahan sistem penagihan berbasis Digitalisasi. Hal itu sejalan dengan Program Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar yang mengarah pada kemajuan Tehnologi (Metaverse).

“Persiapan menuju Digitalisasi Pasar, kita mulai dari Pasar Panakkukang sebagai Pilot Project. Jadi kita mau mengubah sistem yang selama ini kita lakukan. Dengan Sistem Kontrol Penagihan melalui kartu kontrol sekaligus sebagai pemutahiran data. Jadi dari sini nantinya kita step by step menuju sistem Digitalisasi.” Ujarnya.

Lebih lanjut Direktur Utama juga mengatakan dengan sistem ini sedapat mungkin kebocoran dana atau penyelewengan dana dapat diminimalisir.

“Jadi dengan sistem ini sedapat mungkin kita berupaya mengurangi kebocoran dana. Jadi keamanan lebih terjamin dengan sistem pembaruan yang transparansi, Akuntabilitas dan profesionalisme. Yang tentunya akan terintegrasi langsung dari unit pasar dengan sistem yang ada di kantor pusat Perumda Pasar.” Ungkap Iccang sapaan akrab Ichsan Abduh Hussein.

Menurutnya dengan cara tersebut apa yang menjadi target pendapatan paling tidak bisa tercapai. Karena transparansi antara pedagang dan pengelola lebih terjaga.

“Saya kira dengan cara ini keamanan dan transparansi lebih terjaga. Baik antara pedagang dan pihak pengelola di unit pasar. Kalau ini bisa berjalan sebagaimana mestinya kita akan lakukan dibeberapa pasar lainnya.” Tutupnya. (*)

Artikel ini telah dibaca 67 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Dishub Makassar Adopsi Konsep Smart City untuk Atasi Kemacetan Lalu Lintas

18 Juli 2024 - 09:49 WIB

Wali Kota Danny Pomanto Persiapkan Perwali untuk Melanjutkan Program RISE

18 Juli 2024 - 09:48 WIB

Plt Direktur RSK Dadi dr Mappatoba Meninggal Dunia, Danny Pomanto Ucap Bela Sungkawa

17 Juli 2024 - 11:32 WIB

Ketua TP PKK Kota Makassar Beri Semangat Kafilah Festival Anak Sholeh

17 Juli 2024 - 11:30 WIB

Wali Kota Makassar Danny Pomanto Jamu Makan Malam Pejabat Utama BSI

16 Juli 2024 - 13:13 WIB

Dispar Makassar Perkuat ‘City Branding’ serta Tingkatkan MICE Nasional dan Internasional

16 Juli 2024 - 13:12 WIB

Trending di Politik & Pemerintahan