Menu

Mode Gelap
 

Ekonomi & Bisnis · 24 Agu 2023 18:38 WIB ·

Kualitas Udara Buruk Jabodetabek, Subholding Pelindo Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Pekerja untuk Jaga Produktivitas


 Kualitas Udara Buruk Jabodetabek, Subholding Pelindo Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Pekerja untuk Jaga Produktivitas Perbesar

Jakarta, harianmakassar.com – Kamis, 24 Agustus 2023, PT Pelindo Solusi Logistik atau SPSL sebagai Subholding BUMN Kepelabuhanan Pelindo lakukan pemeriksaan Medical Check Up (MCU) pekerja dalam rangka menjaga produktivitas pekerja.

Pelaksanaan MCU SPSL yang diikuti 138 pekerja ini merupakan aksi cepat manajemen merespon kondisi polusi udara yang belakangan ini menyelimuti wilayah Jabodetabek. Aksi ini juga merupakan salah satu komitmen Perusahaan untuk memperhatikan kesehatan pekerja dan sebagai implementasi dari pelaksanaan Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. Per.02/MEN/1980 tentang Pemeriksaan Tenaga Kerja dalam Penyelenggaraan Keselamatan Kerja.

“MCU ini dilaksanakan sebagai bentuk perhatian Perseroan terhadap para pekerja sekaligus implementasi Peraturan Menteri Tenaga Kerja, sebagai dasar evaluasi kesehatan, serta sebagai langkah antisipasi dalam mendeteksi risiko perkembangan penyakit di dalam tubuh,” ujar SVP Sekretariat Perusahaan SPSL Kiki M. Hikmat.

Kiki menerangkan, sebagai salah satu upaya perusahaan dalam kepatuhan terhadap regulasi Pemerintah, pada MCU kali ini dilakukan identifikasi penyakit akibat kerja, perencanaan program untuk tindak lanjut dan pencegahan apabila ada temuan serta dilakukan juga identifikasi penyalahgunaan narkoba dan obat terlarang di lingkungan kerja.

“Kegiatan MCU ini merupakan hal positif yang diharapkan dapat lebih meningkatkan produktivitas karyawan secara maksimal dan memberi dampak positif bagi Perusahaan,” ujar Kiki.

Selain itu, Kiki juga menghimbau para pekerja untuk menjaga tetap menjaga kesehatan seperti menggunakan masker saat keluar rumah, menggunakan air purifier, mengkonsumsi makanan sehat, berolahraga, serta bersama-sama dberkontribusi dalam memulihkan kualitas udara dengan meningkatkan ruang hijau, selalu memelihara kendaraan bermotor, tidak membakar sampah rumah tangga di halaman rumah, dan mengurangi pemakaian listrik di rumah dan tempat kerja.

“Upaya penting lainnya yang dilakukan perusahaan adalah dengan menyediakan beberapa fasilitas atau perlengkapan olahraga, e-sport, menyediakan catering sehat untuk makan siang pekerja, dan kantin sehat untuk menunjang kesehatan dan kebugaran para pekerja,” tutup Kiki.

Artikel ini telah dibaca 83 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Subholding Pelindo Solusi Logistik Dukung Efisiensi Distribusi Logistik Nasional

11 Juli 2024 - 17:06 WIB

Bosan Dengar Tentang TAPERA, Kini TAPERA Tandingan Hadir Sebagai Solusi

11 Juli 2024 - 13:54 WIB

Butuh Jasa Foto Pernikahan di Kota Makassar, Yuk Merapat Sini

11 Juli 2024 - 13:38 WIB

Kolaborasi Pelindo Solusi Logistik dan ITB Laksanakan Program Beasiswa Pelindo Juara

26 Juni 2024 - 18:49 WIB

Hadapi Tantangan Teknologi & Industri Logistik, SPSL Pacu Inovasi Pekerja Lewat SPRINT 2024

20 Juni 2024 - 13:04 WIB

Pelindo Solusi Logistik Rayakan Idul Adha dengan Berbagi Hewan Kurban ke Berbagai Wilayah di Indonesia.

14 Juni 2024 - 18:20 WIB

Trending di Ekonomi & Bisnis