Menu

Mode Gelap
 

Politik & Pemerintahan · 6 Mei 2022 12:55 WIB ·

Kasat Lantas Polrestabes Berlakukan Ganjil Genap di Makassar Ini Tujuannya


 Kasat Lantas Polrestabes Berlakukan Ganjil Genap di Makassar Ini Tujuannya Perbesar

HarianMakassar.com, Makassar – Satlantas Polrestabes Makassar, Jumat (06/05/22) mulai menerapkan pemberlakukan ganjil genap, dalam mengantisipasi terjadinya kepadatan dan peningkatan volume kendaraan arus balik lebaran Idul Fitri 1443 H.

Kasatlantas Polrestabes Makassar, AKBP Zulanda SiK, dalam keterangan tertulisnya mengatakan, penerapan ganjil genap masuk Kota Makassar pada hari pertama pantauan sudah berjalan sangat baik dan tak ada kemacetan di batas kota.

“Dari penerapan ganjil genap dan atas dasar kesadaran warga, sudah terlihat pada pintu masuk (batas kota) dari beberapa kabupaten, baik arah Kabupaten Maros maupun arah Kabupaten Gowa sejak tadi malam tidak terjadi kemacetan,” ucapnya.

Dijelaskan, selain tak terlihat kemacetan terlebih tak nampak kepadatan luar biasa,.seperti pantauan sejak Pada pukul 22.00 wita arus lalin sudah sangat sepi masuk Kota Makassar.

Kasatlantas Polrestabes Makassar berharap, pada puncak balik mudik tanggal 6 , 7 dan 8 nantinya tidak terjadi penumpukan volume arus masuk kota makassar secara serentak.

“Hasil pantauan pada siang hingga sore hari kemarin tanggal 5 Mei 2022 lebih didominasi kendaraan Plat nomer ganjil sebanyak 70 – 80 % dan kendaraan plat genap mendominasi sebaliknya dimalam hari,” ucap Zulanda.

Oleh karena itu berdasarkan analisa hari pertama tambah Kasatlantas Polrestabes Makassar, menyarankan kepada pemudik balik utamanya tanggal 6, 7 dan 8 , yang Plat nomer sesuai tanggal masuk kota makassar dapat membagi waktu keberangkatan menuju kota Makassar.

“Bagi yang plat nomor sesuai tanggalnya untuk lebih fokus masuk pada siang dan sore hari dan yang tidak sesuai dapat memasuki kota makasar pada malam hari kecuali yang benar benar urgen menuju bandara untuk melakukan penerbangan di Bandara Hasanuddin,” terangnya.

Pada plat nomer yang belum waktunya masuk Kota Makassar beber Zulanda dapat beristirahat dulu sambil makan atau minum disekitar wilayah penyanggah Kota Makasaar yang tentu saja tidak parkir di badan jalan sehingga tidak menghambat kendaraan yang menuju Makassar.

“Walaupun tanpa sanksi diharapkan penerapan ganjil genap ini dapat memberikan kenyamanan dan kelancaran di jalan yang memasuki Kota Makassar, karena kami sangat atensi pada keselamatan , keamanan dan kenyamanan para pemudik yang saat ini tentu saja sudah mulai lelah beraktifitas saat libur lebaran,” tandas Kasatlantas Polrestabes Makassar.

Kepolisian juga berharap para pemudik arus balik tetap menjaga kebugaran saat mengemudi selalu menjaga jarak aman antar kendaraan. Selalu berdoa perlindungan dari Allah SWT agar senantiasa selamat dijalan, tidak memacu kendaraan secara kencang, selalu menggunakan helm utamanya roda dua , selalu menggunakan safety belt dan selalu cek kondisi kendaraan saat berangkat maupun saat jeda istirahat seperti angin tekanan ban, keoptimalan rem, lampu, BBM yang cukup dan air radiator.

“Tak lupa pula kami menyampaikan selalu patuhi protokol kesehatan menggunakan masker , tetap menjaga jarak dan selalu cuci tangan,” pungkas AKBP Zulanda.

Salam Aman , Salam Sehat dan Insya Allah Selamat di Jalan. Kamseltibcar Lantas tanggungjawab kita bersama. Ucapnya.

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kesra Kota Makassar Gelar Pelatihan Manajemen untuk 1.500 Pengurus Masjid

19 Juli 2024 - 10:10 WIB

BPBD Kota Makassar Dorong Livable dan Resilient City Melalui Peningkatan Kapasitas

19 Juli 2024 - 10:08 WIB

Dishub Makassar Adopsi Konsep Smart City untuk Atasi Kemacetan Lalu Lintas

18 Juli 2024 - 09:49 WIB

Wali Kota Danny Pomanto Persiapkan Perwali untuk Melanjutkan Program RISE

18 Juli 2024 - 09:48 WIB

Plt Direktur RSK Dadi dr Mappatoba Meninggal Dunia, Danny Pomanto Ucap Bela Sungkawa

17 Juli 2024 - 11:32 WIB

Ketua TP PKK Kota Makassar Beri Semangat Kafilah Festival Anak Sholeh

17 Juli 2024 - 11:30 WIB

Trending di Politik & Pemerintahan