Menu

Mode Gelap
 

Otomotif · 18 Mei 2022 12:44 WIB ·

Kaki-Kaki Mobil Bunyi ? Cek 4 Komponen Ini


 Kaki-Kaki Mobil Bunyi ? Cek 4 Komponen Ini Perbesar

HarianMakassar.comKaki kaki mobil bunyi kletek-kletek sering kali menjadi sebuah pertanda adanya kerusakan pada mesin mobil. Sebagai pemilik mobil, kondisi demikian tentu akan membuat perasaan gelisah ketika mengendarainya.

Hal ini sudah menjadi masalah rutin yang dialami para pemilik mobil. Tetapi jangan khawatir, bisa segera mengecek empat bagian pada kaki-kaki mobil ketika mulai terdengar bunyi aneh. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Stabilizer Bar

Komponen mesin mobil ini memiliki tugas untuk menjaga tingkat ketinggian di antara roda kanan dan kiri. Termasuk saat roda menerima gaya suspensi pada sistemnya.

Biasanya, komponen stabilizer bar terletak pada roda depan kanan dan kiri. Bagi Anda yang belum tahu, bentuk stabilizer bar hampir mirip dengan dua buah ball joint.

Apabila komponen ini rusak, maka akan menimbulkan bunyi yang sangat mengganggu. Apalagi, jika mobil di gas dan dikendarai. Suara akan semakin nyaring, tatkala mobil sedang berbelok.

Karena sistem kerja dari stabilizer bar ini akan menimbulkan kaki kaki mobil bunyi kletek-kletek ketika mobil sedang bermanuver. Oleh sebab itu, lakukan pengecekan secara rutin.

2. Ball Joint

Mungkin sebagian dari Anda mengetahui, bahwa di dalam stabilizer bar terdapat ball joint. Ternyata, jika bagian ini mengalami kerusakan maka akan timbul suara kletek-kletek ketika mobil dikendarai.

Bahkan, terkadang bunyi akibat kerusakan bagian tersebut terdengar tidak lazim. Fungsi dari komponen ini sendiri ialah menjadi engsel untuk perputaran roda saat berbelok.

3. Tie Rod End

Perlu diketahui, Tie Rod End merupakan ujung dari sistem bagian steering. Komponen Tie Rod End menghubungkan lengan power steering dengan bagian steering knuckle yang ada pada roda mobil.

Komponen ini, juga memiliki ball joint sebagai engsel yang mirip dengan stabilizer bar. Jika ball joint pada Tie Rod End sudah mulai usang, maka akan menimbulkan suara kletek kletek.

Tie Rod End yang rusak tak hanya menimbulkan kaki kaki mobil bunyi kletek-kletek, namun juga dapat menimbulkan setir oleng. Hal tersebut tentu akan sangat membahayakan pengendaranya. Oleh karena itu, selalu lakukan pengecekan dan servis secara berkala. Sebagai sarana, lakukan penyervisan di bengkel resmi yang memiliki suku cadang asli.

4. Shock Absorber

Bagi Anda yang awam mengenai komponen kaki kaki mobil, shock absorber merupakan sebuah komponen yang berfungsi untuk meredam guncangan pada mobil.

Jika dilihat secara visual, shock absorber ini berbentuk seperti tabung yang terletak di dalam pegas spiral bagian roda depan. Kerusakan yang umum terjadi salah satunya ialah kebocoran tabung.

Untuk menghindari adanya suara kletek-kletek, Anda perlu melakukan pengecekkan terhadap komponen ini. Pasalnya, akibat gerakan suspensi yang berlebihan bisa menyebabkan timbulnya suara aneh saat mobil di gas.

Apalagi, jika mobil melaju dan melewati jalan berbatu yang penuh dengan goncangan maka akan berpotensi kaki kaki mobil bunyi kletek kletek.

Untuk menghindari kaki kaki mobil yang menimbulkan bunyi kletek-kletek, Anda sebaiknya sering melakukan servis secara berkala.

Khususnya pada komponen komponen rawan kerusakan yang sudah dijelaskan dalam ulasan tersebut. Tujuannya, agar performa mobil tetap terjaga dan terhindar dari adanya bunyi kletek kletek ketika mobil dikendarai.

Artikel ini telah dibaca 22 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Dealer Resmi Mitsubishi Motors PT SBM dan Fuso Truck Gelar Giat Amaliah Ramadhan

1 April 2023 - 07:25 WIB

Perkuat Persaudaraan, Mistsubishi Alauddin Gelar Family Gathering

25 Juli 2022 - 15:36 WIB

Gubernur Sulsel Gunakan Layanan Home Charging, Kendaraan Listrik Semakin Diminati di Makassar

6 Juli 2022 - 12:50 WIB

Agar Kendaraan Tidak Meluncur, Begini Cara Parkir Mobil di Tanjakan

18 Mei 2022 - 14:29 WIB

Trending di Otomotif