Menu

Mode Gelap
 

Politik & Pemerintahan · 28 Des 2022 12:51 WIB ·

Gubernur Sulsel Serahkan Bantuan Keuangan Rp27 M ke Toraja, Tuntaskan Pembangunan Wisata Ollon dan Subsidi Tiket


 Gubernur Sulsel Serahkan Bantuan Keuangan Rp27 M ke Toraja, Tuntaskan Pembangunan Wisata Ollon dan Subsidi Tiket Perbesar

HarianMakassar.com, Tana Toraja  – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyerahkan bantuan keuangan (BK) daerah Rp27 miliar ke Pemerintah Kabupaten Tana Toraja (Tator) untuk penuntasan jalan wisata Ollon dan subsidi pesawat rute Toraja – Balikpapan, di Bandara Pongtiku Tana Toraja, Selasa 27 Desember 2022.

Andi Sudirman mengatakan bantuan keuangan ini dapat digunakan untuk menuntaskan pembangunan jalan ke objek wisata Ollon tahun 2023. Dirinya berharap dengan hadirnya jalan itu, destinasi Wisata Ollon bisa diakses semua kendaraan.

“Rp27 miliar Tahun Anggaran 2023 kita serahkan bantuan keungan Provinsi Sulsel kepada Pemkab Tana Toraja untuk penuntasan jalan wisata Ollon,” kata Andi Sudirman.

Dilaporan ke gubernur, progres terakhir 5 Kilometer sudah 90 persen teraspal. Masih terdapat 6 Kilometer yang akan dikerja. Sehingga diharapkan di tahun 2023 dapat tuntas dan kendaraan mobil sudah bisa masuk mengakses ke Ollon.

“Target tuntas jalan menuju Ollon 2023 dapat dilakukan pada semester pertama di tahun 2023,” kata Andi Sudirman.

Sementara itu, bantuan subsidi tiket yang telah digulirkan tahun ini, tetap akan dilanjutkan tahun depan. “Bantuan ini juga untuk subsidi tiket pesawat rute Toraja – Balikpapan,” sebutnya.

Diketahui untuk tahun 2022 ini, Pemprov Sulsel sudah menggelontorkan bantuan keuangan senilai Rp22,5 miliar untuk Pemkab Tana Toraja. Bantuan itu untuk pengerjaan tahap awal pembangunan jalan ke Ollon.

Keberadaan di kabupaten yang termasyhur dengan objek wisata dan budayanya ini, dimanfaatkan Gubernur untuk memantau situasi Natal. “Kami sekaligus pada kunjungan kerja ini memantau situasi Natal di Toraja,” ucapnya.

Selain itu, Andi Sudirman juga menyempatkan meninjau produk pertanian unggulan dari Tana Toraja seperti Kopi Toraja dan lombok Katokkong, di Pameran Pangan Lokal Tana Toraja.

Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung memberikan apresiasi kepada Gubernur Sulsel atas kepeduliannya dalam membangun pariwisata di Toraja.

“Kami terus membangun destinasi wisata baru, seperti Sarira di Makale Utara dan Ollon di Bonggakaradeng. Terima kasih atas bantuannya Pak Gubernur. Semoga tahun depan bisa dituntaskan,” kata Theofilus.

Dirinya bahkan mengajak Gubernur Andi Sudirman Sulaiman untuk berkemah di Ollon jika akses jalan sudah seratus persen dikerjakan tahun depan. (*)

Artikel ini telah dibaca 21 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kesra Kota Makassar Gelar Pelatihan Manajemen untuk 1.500 Pengurus Masjid

19 Juli 2024 - 10:10 WIB

BPBD Kota Makassar Dorong Livable dan Resilient City Melalui Peningkatan Kapasitas

19 Juli 2024 - 10:08 WIB

Dishub Makassar Adopsi Konsep Smart City untuk Atasi Kemacetan Lalu Lintas

18 Juli 2024 - 09:49 WIB

Wali Kota Danny Pomanto Persiapkan Perwali untuk Melanjutkan Program RISE

18 Juli 2024 - 09:48 WIB

Plt Direktur RSK Dadi dr Mappatoba Meninggal Dunia, Danny Pomanto Ucap Bela Sungkawa

17 Juli 2024 - 11:32 WIB

Ketua TP PKK Kota Makassar Beri Semangat Kafilah Festival Anak Sholeh

17 Juli 2024 - 11:30 WIB

Trending di Politik & Pemerintahan