Menu

Mode Gelap
 

Ekonomi & Bisnis · 16 Sep 2023 08:43 WIB ·

Dukung Program Pelabuhan Hijau Masyarakat Sejahtera, SPSL Tanam 2500 Bibit Pohon di Jawa, DKI Jakarta dan Sumatera


 Dukung Program Pelabuhan Hijau Masyarakat Sejahtera, SPSL Tanam 2500 Bibit Pohon di Jawa, DKI Jakarta dan Sumatera Perbesar

Jakarta, harianmakassar.com – PT Pelindo Solusi Logistik atau SPSL yang merupakan subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) bersama anak-anak perusahaannya kembali menegaskan komitmennya dalam mendukung penurunan emisi karbon dan menjaga kelestarian lingkungan Pelabuhan secara berkelanjutan dengan melaksanakan program Pelindo Menanam Pohon sebanyak 2.500 bibit di area layanan SPSL Group diantaranya Jawa Tengah, DKI Jakarta, dan Sumatera Utara.

Program Pelindo Menanam Pohon ini merupakan bagian dari Program Tanggung Jawab Sosial (TJSL) Bidang Prioritas Lingkungan yang dilaksanakan secara serempak oleh seluruh Regional dan Subholding Pelindo lainnya dalam rangka menyemarakkan kegiatan peringatan Hari Pelindo (Pelindo Day) ke dua Tahun 2023 sekaligus memperingati International Ozone Layer Protection Day yang dilaksanakan setiap tanggal 16 September 2023.

“Aksi tanam pohon hari ini bukan sekadar seremonial, melainkan sebagai representasi dari aksi nyata SPSL Group sebagai bagian dari Pelindo dalam mewujudkan pelabuhan hijau (green port), berkontribusi dalam penanganan perubahan iklim, serta sebagai upaya dalam pemenuhan Sustainable Development Goals (SDGs), dan secara bertahap diharapkan mampu menciptakan masyarakat yang mandiri dan sejahtera,” ujar SVP Sekretariat Perusahaan SPSL Kiki M. Hikmat.

Kiki mengatakan dalam program Pelindo Menanam Pohon ini, SPSL bersama Anak Perusahaannya melaksanakan penanaman secara serempak di beberapa lokasi atau area layanan Anak Perusahaan seperti Jawa Tengah, DKI Jakarta, dan Sumatera Utara dan berkolaborasi dengan Kelompok Tani Desa setempat dan Yayasan Pemuda Konservasi Indonesia.

Dalam program Pelindo Menanam Pohon ini, SPSL Group menanam bibit pohon dengan jenis pohon keras dan pohon produktif seperti pohon duku, manga, rambutan, nagka, cepedak, jambu, palm putri, dan tanaman pewarna batik langka berjenis Indigofera Strobilantes, Swietenia Mahagoni, dan Terminalia Cattapa.

Cahyadi Ade Kurniawan selaku Ketua Yayasan Pemuda Konservasi Indonesia mengapresiasi langkah SPSL dan Pelindo Group dalam program Pelindo Menanam Pohon. Menurutnya, program ini sangat tepat dilakukan untuk menjaga ekosistem dan kelestarian lingkungan, meningkatkan kualitas udara, dan mengurangi polusi.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada SPSL dan Pelindo Group atas program dan kepercayaannya kepada kami. Bentuk kemitraan dan kolaborasi ini sangat membantu kami dalam pelestarian lingkungan,” ujar Cahyadi.

Sebelumnya, SPSL Group juga telah melakukan kegiatan pelestarian dan pengelolaan lingkungan dengan melakukan penanaman bibit mangrove sebanyak 44.000 bibit berjenis rizhoporha stylosa (bakau jangkar) yang dilakukan dengan teknik Organic Coastal Defence (OCD) dengan luasan kurang lebih 8 hektar di pesisir Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah pada 31 Agustus 2023 lalu.

“Sebagai Sub Holding BUMN, kami akan terus berkomitmen untuk melaksanakan program tanggung jawab sosial dan lingkungan yang sejalan dengan program Pemerintah yakni Penanaman Pohon di lingkungan kerja sebagaimana yang digencarkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo, sehingga secara bertahap dapat meningkatkan kualitas udara dan menjaga kelestarian lingkungan,” tutup Kiki.

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Hadapi Tantangan Teknologi & Industri Logistik, SPSL Pacu Inovasi Pekerja Lewat SPRINT 2024

20 Juni 2024 - 13:04 WIB

Pelindo Solusi Logistik Rayakan Idul Adha dengan Berbagi Hewan Kurban ke Berbagai Wilayah di Indonesia.

14 Juni 2024 - 18:20 WIB

Fokus Tingkatkan Implementasi Sistem Manajemen, Pelindo Solusi Logistik Pertahankan Sertifikasi ISO Series

13 Juni 2024 - 18:36 WIB

Subholding Pelindo Dukung Perkembangan Teknologi Logistik lewat Seminar Technology in Supply Chain

21 Mei 2024 - 17:03 WIB

PT MTI Sebut Layanan Operasional di Common Gate NPCT -1 Kembali Normal

14 Mei 2024 - 18:48 WIB

Dukung BMTH Jadi Pusat Pariwisata Maritim, Subholding Pelindo Siap Kelola Area Pengembangan

6 Mei 2024 - 16:40 WIB

Trending di Ekonomi & Bisnis