Menu

Mode Gelap
 

Ekonomi & Bisnis · 22 Agu 2023 15:54 WIB ·

Dukung Digitalisasi UMKM, Transaksi PaDi UMKM Subholding Pelindo Tembus Rp10,86 Miliar


 Dukung Digitalisasi UMKM, Transaksi PaDi UMKM Subholding Pelindo Tembus Rp10,86 Miliar Perbesar

Jakarta, harianmakassar.com – Jakarta, 22 Agustus 2023, Platform Digital (PaDi) Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) PT Pelindo Solusi Logistik (“SPSL”) mencatat nilai total transaksi sebanyak Rp10,86 Miliar dari total frekuensi transaksi sejumlah 243 transaksi hingga pertengahan tahun 2023. SPSL selaku Subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) (“Pelindo”) berkomitmen untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia dan peningkatan kesejahteraan UMKM serta penggunaan produk dalam negeri.

“Kami mendorong kepada seluruh unit perseroan untuk meningkatkan awareness dan dukungan untuk melakukan belanja produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal dengan menggunakan PaDi UMKM,” ujar SVP Sekretariat Perusahaan SPSL Kiki M. Hikmat.

PaDi UMKM merupakan platform untuk mempertemukan BUMN dan UMKM dalam Pengadaan Barang dan Jasa. Platform tersebut selain membantu pemasaran UMKM juga diharapkan dapat mempercepat transaksi belanja BUMN pada UMKM.

Kehadiran PaDi UMKM sebagai e-commerce pengadaan produk barang dan jasa secara Business to Business (B2B) bertujuan untuk memfasilitasi para pelaku UMKM untuk memperoleh akses jaringan pasar yang lebih luas serta membuka jalan bagi para pelaku UMKM di tanah air.

Berdasarkan catatan Kementerian BUMN, total nilai transaksi dalam PaDi UMKM sepanjang 2022 mencapai Rp28 triliun. Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srianita Ginting menjelaskan, transaksi Rp28 triliun tahun lalu disumbang dari 36 ribu UMKM yang tergabung dalam pasar digital.

“Realisasi nilai total volume transaksi PaDi UMKM di SPSL Group s.d 31 Juli 2023 telah mencapai sebesar Rp10,86 Miliar. Banyak kebutuhan belanja perseroan yang dilakukan dengan menggandeng para pelaku UMKM seperti belanja alat tulis kantor, catering, perlengkapan keselamatan, souvenir, dan jasa event organizer serta barang lainnya,” ujar Kiki.

Penggunaan PaDi UMKM juga merupakan salah satu bentuk dukungan SPSL dalam transformasi digitalisasi UMKM yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN. Hal ini sejalan pula dengan bentuk aksi

nyata SPSL dalam mendorong Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) serta turut mendukung kelancaran program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Selain penggunaan PaDi UMKM, SPSL juga menggunakan platform katalog elektronik (e-Catalogue) Pelindo yang merupakan sebagai salah satu upaya percepatan transformasi digital untuk turut mendorong terwujudnya ekonomi digital Indonesia.

e-Catalogue Pelindo adalah sistem informasi elektronik yang memuat berupa daftar, jenis, spesifikasi teknis, merk, harga, penyedia dan informasi lainnya terkait barang dan jasa yang diharapkan dapat memberikan manfaat dan nilai tambah bagi mitra dan perusahaan.

“Sebagai Anak Perusahaan BUMN, kami akan terus berkomitmen secara konsisten mendukung UMKM di Indonesia melalui digital e-commerce agar para pengusaha UMKM menjadi Go Modern, Go Digital, Go Online hingga akhirnya UMKM bisa naik kelas di pasar internasional,” tutup Kiki.

Artikel ini telah dibaca 39 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Subholding Pelindo Solusi Logistik Dukung Efisiensi Distribusi Logistik Nasional

11 Juli 2024 - 17:06 WIB

Bosan Dengar Tentang TAPERA, Kini TAPERA Tandingan Hadir Sebagai Solusi

11 Juli 2024 - 13:54 WIB

Butuh Jasa Foto Pernikahan di Kota Makassar, Yuk Merapat Sini

11 Juli 2024 - 13:38 WIB

Kolaborasi Pelindo Solusi Logistik dan ITB Laksanakan Program Beasiswa Pelindo Juara

26 Juni 2024 - 18:49 WIB

Hadapi Tantangan Teknologi & Industri Logistik, SPSL Pacu Inovasi Pekerja Lewat SPRINT 2024

20 Juni 2024 - 13:04 WIB

Pelindo Solusi Logistik Rayakan Idul Adha dengan Berbagi Hewan Kurban ke Berbagai Wilayah di Indonesia.

14 Juni 2024 - 18:20 WIB

Trending di Ekonomi & Bisnis