Menu

Mode Gelap
 

Politik & Pemerintahan · 2 Apr 2022 11:31 WIB ·

Dosen Unipol Dorong Soppeng Menjadi Gudang Pangan IKN


 Dr. Nurmal Idrus, MM Perbesar

Dr. Nurmal Idrus, MM

HarianMakassar.com, SoppengSaat ini pemerintah pusat tengah berupaya membangun ibu kota negara baru (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Pemindahan ibukota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur itu dipastikan akan membuat lonjakan permintaan pangan karena akan ada jutaan warga baru yang akan eksodus ke IKN. Masalahnya, potensi pangan Kalimantan tak sebaik Pulau Jawa. Beras, sayuran dan kebutuhan primer lain sulit tumbuh di tanah Kalimantan yang bergambut.

Atas kondisi itu, akademisi dari Universitas Lamappapoleonro (Unipol) Soppeng, Dr. Nurmal Idrus, MM, mengusulkan Soppeng menjadi gudang pangan bagi IKN karena semua kebutuhan pangan yang dibutuhkan tumbuh dengan baik di daerah ini.

“Pemkab Soppeng harus mengambil posisi di depan dalam membawa Soppeng sebagai pemasok utama pangan IKN. Daerah ini bisa menjadi gudang pangan IKN karena selain potensi pangan yang besar juga karena posisinya yang strategis dari sisi geografis,” katanya, jumat (1/4/22).

Akademisi yang juga pengusaha perhotelan di Soppeng ini menyebut, komitmen Pemprov Sulsel dalam menyelesaikan ruas Lawo – Takkalasi akan menjadi kuncinya.

“Dengan hadirnya ruas Lawo – Takkalasi, maka Soppeng akan diuntungkan karena akan menjadi daerah dengan pasokan pangan melimpah terdekat dengan Pelabuhan Garongkong di Barru yang akan menjadi pelabuhan utama menuju IKN nantinya. Dari Kota Soppeng ke Garongkong itu jaraknya hanya sekira 50 KM, itu jarak yang amat dekat dan menguntungkan dari sisi distribusi,” tambahnya.

Ia mendorong Pemkab Soppeng menciptakan inovasi dan terobosan agar posisi strategis itu tak diambil alih daerah lain. “Jajaran Pemkab Soppeng harus segera menemukan banyak terobosan untuk menyambut pembangunan IKN itu,” tukasnya.

Artikel ini telah dibaca 40 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Sekertaris DPRD Sulsel Gelar Upacara Hari Kesadaran Nasional

19 Juni 2024 - 12:58 WIB

Ketua DPRD Sulsel Janji Kawal Aspirasi Buruh dan Mahasiswa

11 Juni 2024 - 12:34 WIB

Ketua DPRD Sulsel Hadiri Pembukaan Gerakan Pangan Murah

11 Juni 2024 - 12:28 WIB

Festival Sulsel Menari Resmi Dibuka Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Prof Zudan, Libatkan 24 Ribu Penari

10 Juni 2024 - 07:19 WIB

8 Juni 2024 - 06:28 WIB

Pj Gubernur Sulawesi Selatan Prof Zudan Resmikan Ruang Tumbuh Kembang Anak di RSKD Dadi

7 Juni 2024 - 08:09 WIB

Trending di Politik & Pemerintahan