Menu

Mode Gelap
 

Ekonomi & Bisnis · 24 Jul 2023 18:19 WIB ·

Dorong Hilirisasi Kelapa Sawit, Subholding Pelindo & PT KRC Garap Kawasan Pendukung Terminal Kijing


 Dorong Hilirisasi Kelapa Sawit, Subholding Pelindo & PT KRC Garap Kawasan Pendukung Terminal Kijing Perbesar

Jakarta, harianmakassar.com – PT Pelindo Solusi Logistik (“SPSL”), Subholding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kepelabuhanan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) (“Pelindo”), terus melakukan perluasan dan pengembangan bisnis di bidang logistik dan hinterland development. Salah satunya dengan kolaborasi dan sinergi dengan pelaku bisnis melalui pemanfaatan lahan di kawasan pendukung Terminal Kijing, Pontianak Kalimantan Barat.

SPSL bersama PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 (“Pelindo Regional 2”) dan PT Khatulistiwa Raya Cakrawala (“PT KRC”) melakukan kolaborasi dan sinergi yang meliputi pemanfaatan lahan seluas 20Ha, pemanfaatan infrastruktur dasar, pengelolaan jasa keamanan dan kebersihan, pemanfaatan piperack, serta kerjasama utilitas dan cargo handling di area pendukung kawasan Terminal Kijing.

“Kolaborasi dan sinergi ini akan memberikan dampak positif yang saling menguntungkan bagi semua pihak dan akan menjadi batu loncatan untuk memacu transformasi bisnis menuju kemajuan yang lebih besar dan tetap kompetitif,” kata Direktur Utama SPSL Joko Noerhudha.

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis kinerja ekspor nasional periode Juni 2023. Dalam laporannya, BPS menyebutkan banyak sektor mengalami penurunan. Namun di sisi lain, terdapat kenaikan pada ekspor minyak kelapa sawit sebesar 55,51 persen apabila dihitung secara bulanan (month-on-month/mom).

“Hal ini menjadi salah satu peluang bisnis yang baik, melihat Kalimantan Barat masuk dalam 10 provinsi penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia. Selain kelapa sawit masih banyak komoditas unggulan Kalimantan Barat yang dapat diekspor seperti jahe, ikan arwana, udang, buah pinang, kelapa bulat, dan turunan kelapa (santan dan tepung kelapa),” ujar Joko Noerhudha.

Kolaborasi SPSL dengan PT KRC yang merupakan bagian dari Apical group yang bergerak dalam bisnis pengolahan minyak kelapa sawit dan turunannya, diharapkan dapat mendukung hilirisasi kelapa sawit dan peningkatan kapasitas pengolahan minyak sawit dan turunannya sehingga dapat memenuhi kebutuhan pasar internasional.

Kawasan pendukung Terminal Kijing merupakan sebuah kawasan logistik terintegrasi dan solusi lengkap untuk meningkatkan efisiensi rantai pasok produk-produk nasional khususnya Kalimantan Barat. Area ini juga dilengkapi dengan fasilitas dan utilitas pendukung untuk menunjang kegiatan perindustrian maupun logistik yang diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan perdagangan dan perekonomian nasional.

“Saat ini SPSL juga tengah fokus dengan beberapa program seperti standardisasi dan sistemisasi layanan logistik, strategic partnership & commercial excellence, dan hinterland development & ecosystem connectivity  sehingga SPSL dapat memberikan layanan bisnis yang tepat dan efisien serta dapat turut berkontribusi dalam menekan biaya logistik nasional,” tutup Joko Noerhudha.

 

Artikel ini telah dibaca 180 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pelindo Solusi Logistik Rayakan Idul Adha dengan Berbagi Hewan Kurban ke Berbagai Wilayah di Indonesia.

14 Juni 2024 - 18:20 WIB

Fokus Tingkatkan Implementasi Sistem Manajemen, Pelindo Solusi Logistik Pertahankan Sertifikasi ISO Series

13 Juni 2024 - 18:36 WIB

Subholding Pelindo Dukung Perkembangan Teknologi Logistik lewat Seminar Technology in Supply Chain

21 Mei 2024 - 17:03 WIB

PT MTI Sebut Layanan Operasional di Common Gate NPCT -1 Kembali Normal

14 Mei 2024 - 18:48 WIB

Dukung BMTH Jadi Pusat Pariwisata Maritim, Subholding Pelindo Siap Kelola Area Pengembangan

6 Mei 2024 - 16:40 WIB

Dukung Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan, Subholding Pelindo Layani Logistik Impor Gula

30 April 2024 - 11:36 WIB

Trending di Ekonomi & Bisnis