Menu

Mode Gelap
 

Politik & Pemerintahan · 3 Des 2023 19:06 WIB ·

Disbudpar Pemprov Sulsel Gelar Fun Education Camp di Bislab dan dihadiri oleh Komunitas Pecinta Alam


 Disbudpar Pemprov Sulsel Gelar Fun Education Camp di  Bislab dan dihadiri oleh Komunitas Pecinta Alam Perbesar

Maros, harianmakassar.com Kegiatan Fun Education Camp Maros Pangkep Unesco Global Geopark yang di hadiri oleh Siswa Pecinta Alam (Sispala) sampai Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) dari berbagai daerah.

Kegiatan Fun Education Camp yang digelar di Kawasan Wisata Biseang Labboro (Bislab) Pattunuang ini dirangkaikan dengan diskusi terkait kelestarian lingkungan kawasan Geopark Maros-Pangkep dan berlangsung selama 2 hari mulai dari tanggal 1-2 Desember 2023.

Dalam sambutanya. Wakil Bupati Maros, Hj. Suhartina Bohari menyampaikan pentingnya menjaga lingkunga sekitar mulai dari kita sendiri dan dari hal yang kecil seperti tidak menambah volume sampah yang ada disekitar kita.

“Jadi kalau saya di kantor atau ada kunjungan-kunjungan ke dinas-dinas saya itu terkenal dengan ibu tumbler karana kalau ada kegiatan itu saya tidak mau melihat ada botol dan itu sudah terkenal di jajaran SKPD pemkab Maros,” ucapnya

Lebih lanjut, Ia juga mengajak kepada seluruh peserta untuk sama-sama membantu mempublikasikan kawasan wisata Geopark Maros-Pangkep untuk datang dan berkunjung menikmati warisan dunia yang ada dihalaman rumah kita ini.

“Sebagai tuan rumah saya juga mengajak kepada kita semua untuk bisa membantu mempublikasikan kawasan wisata Geopark Maros-Pangkep ini serta menjelaskan kepada semua bahwa Maros-Pangkep punya warisan sejarah terbesar ke-kedua di dunia setelah Cina dan telah diakui oleh Unesco,” sambungnya.

Suhartina Bohor juga sangat mengapresisasi kegiatan Fun Education Camp yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Parawisata Provinsi Sulawesi Selatan.

“Saya atas nama Pemkab Maros sangat mengapresiasi kegaiatan Fun Education Camp kali ini karna dengan adanya kegiatan tersebut kawasan wisata Geopark Maros-Pangkep bisa lebih dikenal lagi secara luas,” tutupnya

Geopark Maros-Pangkep masuk jaringan Global Geparks Network pada tahun ini bersama 17 Geopark lainnya di Dunia. Dengan begitu, saat ini total ada 195 Global Geopark UNESCO yang tersebar di 48 negara di dunia.

Penetapan Geopark Maros-Pangkep sebagai UNESCO Global Geopark tentunya menjadi kebanggaan tersendiri untuk Provinsi Sulsel. Ini juga merupakan pengakuan prestisius yang memberikan pada tenpat atau wilayah luar biasa untuk situs geologis dan lanskap internasional.

Geopark adalah sebuah kawasan yang memiliki unsur-unsur geologi terkemuka (outstanding), termasuk nilai arkeologi, ekologi dan budaya yang ada di dalamnya, di mana masyarakat setempat diajak berperan serta untuk melindungi dan meningkatkan fungsi warisan alam.

Sementara itu, Salah satu Anggota DPRD Provinsi Sulsel, H Adam Muhammad menyampaikan bahwa Ia dengan senang hati untuk membantu dalam mensukseskan dan menjadi bagian dari sejarah Geopark Maros-Pangkep.

“Tentunya saya berharap meminta kepada kita semua untuk bisa membantu mensukseskan dan menjadi bagian dari sejarah Geaopark Maros-Pangkep,” tutup Adam sapaan Akrabnya

Adapun diakhir kegiatan para perwakilan masing-masing komunitas peserta yang hadir diberikan pelakat dan dilanjutkan dengan foto bersama.

Diketahui kegiatan ini diaelenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Parawisa Provinsi Sulawesi Selatan dan bekerja sama dengan badan pengelola Maros-Pangkep UNESCO Global Geopark.

Artikel ini telah dibaca 31 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kesra Kota Makassar Gelar Pelatihan Manajemen untuk 1.500 Pengurus Masjid

19 Juli 2024 - 10:10 WIB

BPBD Kota Makassar Dorong Livable dan Resilient City Melalui Peningkatan Kapasitas

19 Juli 2024 - 10:08 WIB

Dishub Makassar Adopsi Konsep Smart City untuk Atasi Kemacetan Lalu Lintas

18 Juli 2024 - 09:49 WIB

Wali Kota Danny Pomanto Persiapkan Perwali untuk Melanjutkan Program RISE

18 Juli 2024 - 09:48 WIB

Plt Direktur RSK Dadi dr Mappatoba Meninggal Dunia, Danny Pomanto Ucap Bela Sungkawa

17 Juli 2024 - 11:32 WIB

Ketua TP PKK Kota Makassar Beri Semangat Kafilah Festival Anak Sholeh

17 Juli 2024 - 11:30 WIB

Trending di Politik & Pemerintahan