Menu

Mode Gelap
 

Nasional · 20 Mei 2024 09:36 WIB ·

Catatan Hari Kebangkitan Nasional Senin, 20 Mei 2024


 Catatan Hari Kebangkitan Nasional Senin, 20 Mei 2024 Perbesar

HarianMakassar.comSetiap perjalanan hidup yang kita lalui membutuhkan ruang untuk berbuat sesuai dengan apa yang di inginkan. Ruang itulah sebagai media yang akan menjadi kesempatan kita membuat sejarah tentang bagaimana manusia mampu memberi kontribusi dalam berbagai bidang kehidupan yang digeluti.

Lalu dari sana kebaikan mencoba kita ciptakan melalui kerja sosial kemasyarakatan yang bernilai kebaikan dengan penuh keikhlasan. Memang akan selalu ada tantangan dalam melakukannya. Tapi ingatlah semua rintangan yang ada hanya sebagai bagian kecil dari catatan sejarah menarik untuk dijadikan pembelajaran oleh generasi berikutnya.

Begitulah para pendahulu kita berjuang dalam membangun sejarahnya yang akhirnya pada hari ini setiap tanggal 20 mei diperingati hari Kebangkitan Nasional, yang dimaknai sebagai titik awal dimana bangsa Indonesia bangkit dan memiliki jiwa nasionalisme dan rasa persatuan dan kesatuan yang tinggi. Oleh karna itu kebangkitan nasional bukan sekedar peristiwa tunggal, melainkan sebuah proses panjang yang diawali dengan berbagai faktor, termasuk munculnya kesadaran akan pentingnya persatuan dan kemerdekaan.

Lahirnya Boedi Oetama menjadi tonggak penting dalam perjalanan bangsa Indonesia, ditengah penjajahan Belanda selama berabad abad. Boedi Oetomo bagaikan obor hadir menerangi jalan menuju kemerdekaan.

Seperti itulah perjalanan sejarah yang lahir dari Boedi Oetomo sehingga memicu semangat kebangsaan dan persatuan mendorong rakyat untuk bangkit melawan penjajah. Maka dari itu keberhasilan dalam menyatukan pemuda terpelajar menjadi modal bagi organisasi organisasi yang lain untuk bangkit.

Dari sejarah itulah kita banyak belajar bahwa apa yang menjadi niat dan usaha dalam perjuangan pasti akan memberikan hasil yang maksimal. Dan semangat kebangkitan yang telah terukir diharapkan bisa menjadi semangat Pembelajaran. Sebab Pembelajaran sangat penting untuk terus membangun kelanjutan sejarah agar kehidupan berbangsa dan bernegara lebih bermakna.

Maka dengan penuh semangat mari kita sama sama bangkit menjadi aktor sejarah hari ini yang akan dikenang dan suatu hari nanti juga menjadi pembelajaran untuk generasi selanjutnya. Wassalam.

 

SEJARAH & PEMBELAJARAN
Oleh: Tim Anir Peduli

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

PT ISMA Sukses Kembali Mendapatkan ISO 9001;2015

31 Mei 2024 - 11:58 WIB

PT ISMA Melaksanakan Kegiatan Rutin Health & Hygiene untuk Crewing

29 Mei 2024 - 09:10 WIB

KERJASAMA REVALIDASI ADMINISTRASI PELAUT PT ISMA

26 Mei 2024 - 23:05 WIB

Presiden Jokowi akan Penuhi Kebutuhan SDM hingga Infrastruktur RSUD Kondosapata Sulbar

24 April 2024 - 16:04 WIB

PT ISMA Sukses Menjalankan Acara Ramadhan Berbagi Tajil

3 April 2024 - 15:26 WIB

PT Intan Sejahtera Utama Menunjukkan Dukungan Penuh Dalam Kegiatan Raker Serikat Pekerja

29 Februari 2024 - 13:04 WIB

Trending di Nasional