Menu

Mode Gelap
 

Otomotif · 18 Mei 2022 14:29 WIB ·

Agar Kendaraan Tidak Meluncur, Begini Cara Parkir Mobil di Tanjakan


 Agar Kendaraan Tidak Meluncur, Begini Cara Parkir Mobil di Tanjakan Perbesar

HarianMakassar.com – Cara parkir mobil di tanjakan tidak bisa Anda remehkan. Sebaiknya gunakan tips tepat sehingga kendaraan tetap aman. Memiliki kendaraan tidak hanya bisa untuk Anda kendarai.

Namun Anda juga perlu memahami bagaimana tips mudah ketika parkir. Tidak selamanya mobil bisa diparkirkan pada lokasi yang datar dan nyaman.

Parkir mobil menanjak adalah hal yang sebetulnya berbahaya, karena akan merusak sejumlah komponen mobil. Sayangnya, hal itu masih dilakukan karena sejumlah faktor. Mulai dari ketidaktahuan pengendara, hingga tak adanya lahan parkir yang relatif datar. Jika sudah memasuki kondisi seperti ini, pastikan tahu hal yang perlu Anda lakukan.

1. Mengaktifkan Mode Parkir Pada Mobil

Cara ini cocok dilakukan untuk Sahabat yang punya mobil tipe matic. Aktifkan mode parkir yang tersedia pada mobil, lalu lakukanlah penyesuaian pada tuas transmisi mobil Sahabat. Penyesuaian tuas transmisi sendiri mesti disesuaikan dengan tingkat kemiringan jalan. Apakah cukup curam atau agak landai.

2. Masukkan Gigi Pada Mobil

Kalau yang satu ini cocok dilakukan untuk mobil yang bertipe manual. Saat mobil diparkir dalam posisi menanjak, maka Sahabat harus memasukkan gigi 1 pada mobil. Cara ini dilakukan agar roda bisa lebih terkunci saat terparkir dalam keadaan menanjak.

Cara ini hampir sama saat hendak memarkirkan mobil manual dalam posisi menurun. Bedanya, saat mobil parkir menurun, Sahabat tidak memasukkan gigi 1. Melainkan, memasukkan transmisi mundur (R) pada mobil manual Sahabat.

3. Posisikan Ban Depan agar ke Arah Bahu Jalan atau Trotoar

Saat mobil diparkirkan dalam keadaan menanjak, mobil terkadang akan bergerak ke bawah secara perlahan. Untuk menghindari hal tersebut, Sahabat mesti memposisikan ban depan mobil ke arah bahu jalan atau trotoar. Melakukan cara ini bisa membuat ban mobil tertahan di bahu jalan ataupun trotoar. Dengan begitu, peluang mobil untuk bergerak ke bawah bisa diminimalisasi.

4. Ganjal Ban dengan Balok Kayu ataupun Batu Bata

Selain memposisikan ban ke arah bahu jalan, Sahabat juga bisa melakukan cara lain. Mengganjal ban dengan balok kayu atau batu bata adalah cara tersebut. Fungsi dari cara ini sama seperti cara sebelumnya, yakni mengantisipasi mobil agar tidak mundur ke bawah secara perlahan.

Tidak semua orang mengetahui bagaimana cara parkir pada area tertentu, misalnya saja di tanjakan maupun turunan.

Sebab biasanya parkir areanya datar, sehingga cara untuk melakukannya terbilang tidak bisa sembarangan.

Anda perlu mengetahui cara parkir mobil di tanjakan sehingga kendaraan tetap aman. Bahkan mobil tidak akan meluncur seperti yang diharapkan.

Idealnya, sebuah mobil mesti diparkir di area yang datar. Semisal garasi rumah atau area parkir perkantoran. Selain di area menanjak, sebisa mungkin mobil tidak diparkir di tanah yang konturnya cekung, serta tempat parkir paralel.

Parkir di tanah yang cekung akan membuat mobil rentan terkena genangan air. Sementara itu, tempat parkir paralel akan bikin Sahabat kesusahan untuk memarkir dan mengeluarkan mobil.

Artikel ini telah dibaca 20 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Dealer Resmi Mitsubishi Motors PT SBM dan Fuso Truck Gelar Giat Amaliah Ramadhan

1 April 2023 - 07:25 WIB

Perkuat Persaudaraan, Mistsubishi Alauddin Gelar Family Gathering

25 Juli 2022 - 15:36 WIB

Gubernur Sulsel Gunakan Layanan Home Charging, Kendaraan Listrik Semakin Diminati di Makassar

6 Juli 2022 - 12:50 WIB

Kaki-Kaki Mobil Bunyi ? Cek 4 Komponen Ini

18 Mei 2022 - 12:44 WIB

Trending di Otomotif